Ngoprek 004 Mengoneksikan RouterBoard dengan PC

Assalamualikum Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengoneksikan routerboard dengan pc. sebelumnya silahkan baca Cara untuk mengakses mikrotik. maksud dari mengoneksikan routerboard dengan pc adalah bagaimana cara sebuah pc bisa melakukan komunikasi dengan routerboard. sekaligus saya mau ngasih tau cara menambahkan IP address pada routerboard mikrotik, disini saya menggunakan winbox untuk konfigurasi. Berikut ini adalah topologi nya :
Langkah Konfigurasi :

Yang pertama yang harus dilakukan adalah kita meremote atau mengakses lewat winbox, untuk awal meremote winbox sebaiknya meremote menggunakan MAC Address sehingga kita mengubah IP dari Interface mikrotik maka router tidak akan ter-disconnect .
Setelah terremote, kemudian menambahkan IP Address untuk interface mikrotik nya. klik pada menu IP > Addresses > (+) ,kemudian masukkan IP Address sesuai dengan yang kita butuhkan, lalu pilih interface nya, karena disini saya menghubngkan PC ke Ether2 jadi saya pilih interface Ether2.
Tahap selanjutnya kita melakukan pengujian di client, sebelum melakukan test ping kita isikan ip dulu pada pc client menjadi 1 network dengan ip routerboard. Control panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter setting > Local area connection > IPv4 > Poperties > isikan IP sesuai dengan Perintah atau satu network.
setelah mengisi IP pada PC, coba test Ping dari Client ke IP Router. Jika sudah reply form maka konfigurasi sudah berhasil.
Oke karena sudah reply from maka itu artinya sudah dapat ber komunikasi atau terhubung, demikian dari cara mengoneksikan routerboard dengan pc semoga bermanfaat dan pembaca dapat mempraktikkannya.
Wassalamualikum Wr.Wb

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Panduan Blog
AUTHOR
22 Februari, 2017 delete

kebetulan saya juga lagi belajar banyak tentang mikrotik gan, artikel yang simple dan menarik. :)

Reply
avatar