Cara Untuk Meremote atau Mengakses Mikrotik

Ngoprek 001

Assalamualakum Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial tentang mikrotik, langsung saja buat pertama saya akan memberikan tutorial dasar yaitu tentang cara mengakses routerboard atau meremote mikrotik. Di tutorial kali ini saya akan memberikan 3 cara untuk mengakses Mikrotik. Untuk meremote Mikrotik kita harus mengetahui apakah Mikrotik yang kita gunakan sudah memiliki konfigurasi bawaan dari pabrik, konfigurasi bawaan tersebut adalah :
  • Ip Address : 192.168.88.1/24
  • User Login : Admin
  • Password : (tidak diisi/dikosong kan) 
Berikut ini adalah 3 cara meremote routerboard :
  • WebFig adalah tools untuk meng-konfigurasi atau meremote Mikrotik Router via Web browser. WebFig dapat diakses langsung dari router dan tidak memerlukan software atau aplikasi tambahan [kecuali browser], WebFig ini berjalan di Port 80, Untuk mengaksesnya cukup mudah tinggal masukan saja IP dari routerboard (192.168.88.1) di web browser, Kemudian login dengan menggunakan user admin dan password dikosongkan. Inilah tampilan awal bila menggunakan webfig.
     
    Inilah tampilan awal bila menggunakan webfig  
     
  • Winbox adalah sebuah software atau utility yang di gunakan untuk meremote sebuah mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) ataupun CLI (Command Line Interface) melalui sistem operasi windows, WinBox ini berjalan di Port 8291.Untuk mendapatkan winbox dapat menggunakan webfig untuk mendownload winbox dengan mengklik icon winbox pada webfig.
        Buka winbox yang telah diinstal klik tombol “refresh” untuk mngecek network discovery nya.
     Untuk pertama meremote mikrotik disarankan menggunakan MAC Address, Karena jika meremote   menggunakan Ip Address saat melakukan konfigurasi mikrotik otomatis akan ter disconnect dari pc, Jika sudah teremote seperti inilah tampilan awal winbox.
  • Telnet itu sendiri kepanjangan dari Telecomunication Network , telnet ini berbasis text dan berjalan di port 23. Untuk meremote Mikrotik dengan menggunakan telnet dapat menggunakan bantuan software aplikasi putty, berikut cara meremote routerboard menggunakan telnet. Isi Ip Address dari Mikrotik tersebut > pilih telnet > open.
 Inilah tampilan awal dari telnet
Oke sekian dulu pembahasan tentang cara meremote Mikrotik, dan juga mohon maaf saya Cuma membuat beberapa saja tentang cara meremote routerboard. 
Wassalamualaikum Wr..Wb 

First

5 komentar

Write komentar