Ngoprek 026 Security Profile

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini membahas tentang cara Konfigurasi Security Profile diMikrotik. Sebelumnya silahkan baca Konfigurasi Wireless AP Bridge karena konfigurasi ini berhubungan dengan Wireless AP Bridge. Tujuan dari konfigurasi Security Profile adalah agar wirelessAP yang kita konfigurasi sebelumnya dilengkapi fitur autentetikasi, sehingga akan lebih aman atau juga dapat memberikan password pada Access Point utuk memberikan fasilitas kemanan agar pihak-pihak yang tidak berweanang tidak dapat mengaksesnya / Terhubung, Metode keamanan pada perangkat mikrotik interface wireless umumnya menggunakan metode authentikasi (WPA-PSK,WPA-AEP) dan Engkripsi (AES,TKIP,WEP) . Berikut adalah tahap konfigurasinya :
- Wireless > Security Profile > (+) > Name "Nama dari password" > Shared Key "isi kan password yang digunakan " > OK.
- Setelah membuat security profile, langkah selanjutnya adalah konfigurasi wireless AP agar menggunakan security profile yang baru saja kita buat. .Wireless > Wlan1 > Security Profile "Pilih yang kita buat tadi" > OK
- Setelah konfigurasi security profile seperti diatas, maka saat client ingin connect ke SWAG-WIFI, akan diminta untuk memasukkan password autehentikasi seperti berikut.
Demikian cara untuk Konfigurasi Security Profile diMikrotik) semoga bermanfaat dan pembaca dapat mempraktikkannya.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »