Ngoprek 020 Memblokir Situs Dengan Filter Rule

Asslamualikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Memblokir Dengan Filter Rule di mikrotik. Filter Rule ? atau penyaringan adalah salah satu fitir pada firewall Mikrotik yang digunakan untuk melakukan penyaringan trafik yang menuju ke router, keluar dari router, dan melewati router. dalam Filter Rule terdapat tiga pilihan Chain yaitu Input, Forward, dan Output. Filter Rule dapat dimanfaatkan untuk memblokir situs. Berikut adalah tahap konfigurasinya :
- Pastikan terlebih dahulu situs yang akan anda blokir dapat diakses dengan normal
Situs www.viva.co.id sebelum diblokir
- Kita lihat IP Address yang digunakan situs tersebut, jika menggunakan Command Prompt dapat menggunakan perintah nslookup.
- Setelah anda mengetahui IP Address langkah selanjutnya kembali ke menu Filter Rule pada FirewallIP > Firewall > Filter Rules > (+) > Chain "Forward" > Dst.Address "isi IP Situs" > Action "Drop" > OK

- Anda dapat melihat rule yang telah dibuat pada menu Firewall Rule
- Jika semua langkah tersebut sudah sesuai lakukan pengujian terhadap situs yang diblokir untuk melihat apakah sudah berhasil atau belum.
halaman www.viva.co.id setelah berhasil diblokir
Demikian cara untuk Memblokir Dengan Filter Rule di mikrotik. Filter Rule semoga bermanfaat dan pembaca dapat mempraktikkannya.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »