Ngoprek 010 Enable dan Disable Packet di Mikrotik

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk Enable dan Disable Packet di Mikrotik. sebelumnya silahkan baca Cara Meremote Mikrotik agar dapat memahami pada lab ini. Enable ? Enable adalah Mengaktifakan kembali atau perintah yang mengijinkan suatu alat / item terpilih kembali berfungsi. Disable ? Disable adalah Menonaktifkan packet yang dipilih atau tidak mengijinkan suatu alat / item terpilih menjadi tidak aktif. Berikut adalah cara untuk konfigurasi Enable dan Disable Packet di Mikrotik, disini saya menggunakan mode GUI (Winbox).
- Disable
untuk mendisable packet dimikrotik klik menu System > Packages > kamudian pilih packet yang akan didisable, klik disable untuk mendisable packet. Disini saya akan mendisable packet DHCP.
- Enable
untuk menenable packet dimikrotik klik menu System > Packages > kamudian pilih packet yang akan dienable, klik enable untuk mendisable packet. pastikan sebelum menenable packet dalam keadaan disabel, Disini saya akan menenable packet IPv6.

setelah kita klik bagian perintah Enable/Disable maka akan muncul kalimat "Scheduled for disable/Enable" . Setelah itu Mikrotik kita reboot. System > Reboot 
- Pengujian Disable
Packet DHCP yang kita Disable tadi tidak muncul karena dinonaktifkan
- Pengujian Enable
Packet IPv6 yang kita Enable tadi muncul karena telah diaktifkan kembali
Demikian cara untuk Enable dan Disable Packet di Mikrotik  semoga bermanfaat dan pembaca dapat mempraktikkannya.
Wasalamualikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
21 Maret, 2017 delete

Thanks triknya gan

Reply
avatar